Spesifikasi Buku:
————————

Pengarang: Abdul Rahman
Penerbit: Rayhan Intermedia
Ukuran: 14 x 21 cm
Tebal: 145 hlm
Cetakan: I, 2015
ISBN: 978-602-95545-5-7
————————
Sinopsis:
————————
Buku ini secara umum mengurai kontribusi penting filsafat dalam memberikan berbagai alternatif jawaban atas pertanyaan yang muncul seputar peristiwa-peristiwa sejarah. Proses pemahaman secara komprehensif atas motif dan implikasi dari suatu peristiwa, itulah yang memandu manusia menemukenali dan memberi makna atas berbagai realitas.

Telaah tentang pengertian dan dimensi kajian filsafat, mengawali pembahasan buku ini. Selanjutnya dikemukakan jenis-jenis filsafat sejarah, hukum dan faktor penggerak sejarah (generalisasi dan kausalitas), kekuatan-kekuatan sejarah, masyarakat dan tradisi sejarah, serta berbagai pemikir sejarah. Sebut saja pandangan tentang “Pesimisme Sejarah” dari filosof dan sejarawan Italia, Benedetto Croce (1866-1952), “Materialisme Historis” ala Marx, hingga istilah “the end of history” (akhir dari sejarah) yang dipopulerkan oleh Francis Fukuyama dan sempat mengundang berbagai kontroversi di jagad ilmu pengetahuan.

Selain relevan untuk materi kuliah “Filsafat Sejarah” pada berbagai perguruan tinggi, buku ini juga bermanfaat serta cocok dibaca oleh berbagai kalangan yang menaruh perhatian serta minat pada filsafat dan sejarah.