———————-
Spesifikasi Buku:
———————-
Pengarang: Ahmadin
Penerbit: Rayhan Intermedia
Ukuran: 14 x 21 cm
Tebal: 122 hlm
Cetakan: I, Agustus 2013
ISBN: 978-979-15726-5-1
———————-
Sinopsis:
———————-
Tatkala Bryan S. Turner menghamparkan sebuah prawacana tentang agenda baru teori sosial, ia berangkat dari statement bahwa teori sosial menyediakan kerangka filsafat dan analisis untuk mengembangkan ilmu-ilmu pengetahuan sosial. Bahkan menurut guru besar sosiologi dan kepala Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cambridge ini, teori sosial melestarikan prestasi-prestasi masa lalu, mencatat berbagai kebutuhan dan keterbatasan masa kini, dan memandu jalan ke penelitian tentang berbagai isu serta persoalan masa depan. Lalu bagaimana posisi teori sosial dan peran metode penelitian di tengah laju perubahan zaman tersebut?.

Dinamika masyarakat dan perubahan sosial yang bergerak demikian cepat, melahirkan kompleksitas persoalan yang senantiasa membutuhkan sentuhan teoretik untuk menanganinya. Namun demikian, seberapa tangguh dan terakuinya teori sosial tertentu, tidak serta merta menjadikannya baku untuk diaplikasikan pada semua masalah sosial. Mengapa?. Ada berbagai tradisi dan aliran (rumpun) teori yang kerap berbeda dalam melihat kutub makna suatu persoalan. Bahkan kecenderungan mempertengkarkan dua arus tradisi penelitian yakni penelitian kuantitatif yang bersandar pada filsafat positivisme dan kualitatif yang dibangun di atas fondasi filsafat fenomenologi, menambah item problema metodologis dalam penelitian sosial.

Buku ini juga mendeskripsikan ikhwal perbedaan orientasi kajian dan implementasi metodologis antara jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif tersebut. Namun tidak dalam rangka mendikotomi keduanya pada posisi saing yang dikontraskan serta bukan pula dimaksudkan untuk menentukan salah satu di antaranya yang efektif dan lainnya tidak. Sebaliknya, lebih pada upaya menggambarkan keduanya dalam upaya penemukenalan elemen subtantif masing-masing. Dengan demikian, keduanya dapat menjadi alternatif pilihan bagi para peneliti berdasarkan selera/keinginan, masalah yang diteliti, serta jenis data yang diperlukan dalam penelitian.