—————————-
Spesifikasi Buku:
—————————-
Pengarang: Djati Prihantono
Penerbit: Zahra Litera
Ukuran: 14 x 21 cm
Tebal:232 hlm
Cetakan: I, 2016
ISBN: 978-602-72662-2-3
—————————-
Sinopsis:
—————————-
Kalangan ilmuwan dan praktisi pendidikan anak mengemukakan bahwa setiap anak punya potensi menjadi anak cerdas dan sukses dalam hidupnya. Artinya, kecerdasan anak yang diklaim sebagai bawaan atau keturunan tidak semuanya benar. Banyak faktor yang memengaruhi kecerdasan anak, salah satunya adalah cara sang orangtua mendidik, membimbing, dan mengarahkan anak menemukan kecerdasannya.

Sebut saja masa kanak-kanak yang dimulai dari selesainya masa menyusui hingga anak berumur 6 atau 7 tahun, merupakan masa yang sangat sensitif bagi perkembangan kemampuan berbahasa, cara berpikir, dan sosialisasi anak. Fase ini merupakan penentu proses pembentukan jiwa anak yang menjadi dasar keselamatan mental dan moralnya. Setelah itu, dalam usia 7-14 tahun, sang anak memasuki fase baru yakni proses menemukan identitas diri. Kebiasaan meniru orang tua perlahan mulai ditinggalkan, ia mulai melirik lingkungan sosial sekitarnya.

Dua fase sensitif ini memerlukan perhatian ekstra orangtua dalam menyiapkan karakter mereka menjadi insan yang handal di masa depan. Meskipun demikian, masih mampukah para orangtua dewasa ini melakukan hal tersebut di tengah tuntutan dan tantangan hidup yang mengharuskannya meniti karir dan mengejar prestasi?. Buku ini menjawabnya dengan tips mendidik anak melalui penanaman nilai-nilai iman serta pemahaman bahwa Allah senantiasa ada dan mengawasi setiap perbuatan kita.

Singkatnya, buku ini dapat menuntun para orang tua menjalankan amanah dari Allah Swt, yakni mendidik anak-anak serta membentuk karakternya menurut cara-cara yang islami hingga merasakan betapa nikmatnya menjadi seorang ibu dan bahagianya menjadi sang ayah.