————————–
Spesifikasi:
————————–
Pengarang: Ahmadin
Penerbit:Rayhan Intermedia
Ukuran: 14 x 21 cm
Tebal: 102 hlm
Cetakan: I, 2013
ISBN: 798-979-15726-2-0
————————–
Sinopsis:
————————–
Sepanjang perjalanan sejarah umat manusia, tanah sering menjadi penyebab terjadinya konflik antarindividu maupun golongan yang berbeda persepsi dan kepentingan. Kenyataan seperti ini, berlaku sejak kehidupan manusia masa purba hingga era modern sekarang. Bahkan kehidupan masa mendatang pun dipastikan akan lahir konflik-konflik agraria dengan motif yang berkisar pada dua problem mendasar yakni perbedaan persepsi dan kepentingan.

Kompleksitas masalah agraria yang berhubungan dengan politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, dan berbagai dimensi kehidupan manusia lainnya, menyebabkan topik ini selalu mengundang perhatian banyak pihak untuk menelaahnya. Dengan demikian, kehadiran buku ini menjadi penting untuk memperkaya khasanah konsep tentang agraria. Bahkan sistem kepemilikan dan pengelolaan tanah, bagi hasil, konflik agraria, kondisi agraria masa kolonial Belanda, masa pendudukan Jepang, masa orde lama, masa orde baru, yang dikaji secara historis, akan menghamparkan suatu dinamika kehidupan sosial ekonomi yang menarik.

Buku ini tidak hanya relevan untuk mata kuliah sejarah agraria, tetapi juga dapat digunakan sebagai referensi untuk mata kuliah sejarah perekonomian.